Sabtu, 20 Oktober 2012

VESPA SUPER TIPE 2-TAK DI UBAH JADI 4-TAK

Siapa yang menyangka Vespa yang mengusung tipe 2-tak, ternyata bias di modifikasi menjadi tipe 4-tak. Ide brilian itu terpikir oleh Dadang Darmawan yang punya keinginan agar bisa mengendarain Vespa tanpa asap, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Kebetulan di rumahnya ada Vespa Super keluaran 1973 yang tentunya masih mengusung tipe 2-tak.

Dadang yang mempunyai bengkel Dang Exel di Jl. Cibaduyut Sukamenak No. 116 (Curug Dogdog), Bandung, mampu menyulap berbagai Vespa. Pertama-tama yang harus diperhatikan Mengubah siklus 2-tak jadi 4 tak, Dadang mengubah mesin Vspa Super dengan Yamaha Mio. Komponen utama Mio yang digunakan head satu set dengan klep in-ex serta noken as, blok silinder dan piston diameter 50 mm. Untuk menggabungkan 1 set blok silinder Mio harus bikin dudukan yang terdapat di crankcase Vespa, terbuat dari bahan babet yang dicetak mengikuti bentuk silinder Mio, lewat las babet dan argon. Crankcase Vespa dan blok silinder Mio, diikat menggunakan baut silinder Honda CB.

Pen piston Mio ukuran 15 mm, kebetulan sama dengan pen kepunyaan Vespa Super, sehingga setang piston masih aplikasi Vespa. Kruk as penggerak setang seher dan piston dari TMA (Titik Mati Atas) dan TMB (Titik Mati Bawah), juga masih bawaan motor.
Kruk as yang tadinya tidak terdapat gigi sentrik untuk rantai keteng, sekarang dipasang gigi sentrik kepunyaan Honda Grand di sebelah kiri kruk as setelah bering. Pemasangan gigi sentrik ini, tinggal dipres seperti pemasangan biasa. Menggunakan sentrik dari Honda Grand. Gigi sentrik Grand ada 14 mata. Rantai ketengnya dari Grand yang bermata 90.

Sekarang sudah jadi 4-tak dan terdapat klep serta noken as, harus ada pelumasan di kepala silinder. Oli ditransfer oleh pompa pelumas Mio yang terdapat di dalam bak oli yang ikut berputar bersama girbox. Dudukan pompa oli sudah dibikin pakai bahan babet. Jalur naik dan turun oli dibikin manual, di kanan-kiri crankcase. Walau mesin langsam girbox tetap berputar sehingga pompa oli pun ikut berputar. Pendingin oli aplikasi radiator kepunyaan Vario. Untuk menaikkan oli, doi pakai pompa oli Honda Grand yang diputarkan oleh baut pengikat gigi centrik rantai keteng. Dudukannya terbuat dari bahan corcoran.


Ide brilian pisan lah Lur.  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Pengapian : Vespa PX E
Magnet : Vespa Super
Tensioner : Yamaha Mio
Karburator : Honda GL-Pro Neo Tech
Telepon : (022) 93783150

Artikel lainnya yang sama :

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dan Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di One-vespa

Di Posting Oleh : Unknown ~ http://one-vespa.blogspot.com

Artikel VESPA SUPER TIPE 2-TAK DI UBAH JADI 4-TAK ini diposting oleh Unknown pada hari Sabtu, 20 Oktober 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan membaca artikel ini. Semoga Artikel VESPA SUPER TIPE 2-TAK DI UBAH JADI 4-TAK Bermanfaat ..

8 komentar:

dadangexelfourstroke mengatakan...

ok mas sy dadang exel yg punya vespa ini ,

yogi mengatakan...

Kang Dadang, kalo mau bikin begini biayanya brp kang? klo semua bahan dari akang termasuk bahan mesin vespa super-nya kira2 butuh biaya brp ya kang? pengen nih..

dosomuko.yes mengatakan...

salut untuk om dadang, yg telah mengubah vespa 2 tak menjadi 4 tak

Unknown mengatakan...

(y)

Unknown mengatakan...

(y)

james dhor mengatakan...

Judi Sakong
Agen Sakong
Bandar Sakong
Agen Sakong Online

Kumpulan Agen Online


Trik Jitu Sakong

Trik Jackpot Sakong
Tips Jitu Sakong
Cara Menang Sakong

Unknown mengatakan...

Gagasan cerdas yg patut di hargai...

👍👍💝💝

Unknown mengatakan...

Keren saya nyari yang gini, kalo dari mesin supra bisa kang dadang? bahan body dan mesin dari saya, jadi saya pake jasa nya aja

Berkomentar dengan bahasa yang baik, tidak mengandung unsur SPAM. Tunjukkan identitas yang jelas, Insyaallah kami akan kunjungi balik. Kami perkenankan untuk komentar dan promosi. -ONE-VESPA- [Protected]