Siapa yang menyangka Vespa yang mengusung tipe
2-tak, ternyata bias di modifikasi menjadi tipe 4-tak. Ide brilian itu terpikir
oleh Dadang Darmawan yang punya keinginan agar bisa mengendarain Vespa tanpa
asap, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Kebetulan di rumahnya ada Vespa
Super keluaran 1973 yang tentunya masih mengusung tipe 2-tak.
Dadang yang mempunyai bengkel Dang
Exel di Jl. Cibaduyut Sukamenak No. 116 (Curug Dogdog), Bandung, mampu menyulap
berbagai Vespa. Pertama-tama yang harus diperhatikan Mengubah
siklus 2-tak jadi 4 tak, Dadang mengubah mesin Vspa Super dengan Yamaha Mio.
Komponen utama Mio yang
digunakan head satu set dengan klep in-ex serta noken as, blok silinder dan
piston diameter 50 mm. Untuk menggabungkan 1 set blok silinder Mio
harus bikin dudukan yang terdapat di crankcase Vespa, terbuat dari bahan babet
yang dicetak mengikuti bentuk silinder Mio, lewat las babet dan argon. Crankcase
Vespa dan blok silinder Mio, diikat menggunakan baut silinder Honda CB.
Pen piston Mio ukuran 15 mm, kebetulan sama
dengan pen kepunyaan Vespa Super, sehingga setang piston masih aplikasi Vespa.
Kruk as penggerak setang seher dan piston dari TMA (Titik Mati Atas) dan TMB
(Titik Mati Bawah), juga masih bawaan motor.
Kruk
as yang tadinya tidak terdapat gigi sentrik untuk rantai keteng, sekarang
dipasang gigi sentrik kepunyaan Honda Grand di sebelah kiri kruk as setelah
bering. Pemasangan gigi sentrik ini, tinggal dipres seperti pemasangan biasa.
Menggunakan sentrik dari Honda Grand. Gigi sentrik Grand ada 14 mata. Rantai
ketengnya dari Grand yang bermata 90.
Sekarang sudah jadi 4-tak dan terdapat klep
serta noken as, harus ada pelumasan di kepala silinder. Oli ditransfer oleh
pompa pelumas Mio yang terdapat di dalam bak oli yang ikut berputar bersama girbox. Dudukan pompa oli sudah
dibikin pakai bahan babet. Jalur naik dan turun oli dibikin manual, di
kanan-kiri crankcase. Walau mesin langsam girbox tetap berputar sehingga pompa
oli pun ikut berputar. Pendingin oli aplikasi
radiator kepunyaan Vario. Untuk menaikkan oli, doi pakai pompa oli Honda Grand
yang diputarkan oleh baut pengikat gigi centrik rantai keteng. Dudukannya
terbuat dari bahan corcoran.
DATA MODIFIKASI
Pengapian : Vespa PX E
Magnet : Vespa Super
Tensioner : Yamaha Mio
Karburator : Honda GL-Pro Neo Tech
Telepon : (022) 93783150
Artikel lainnya yang sama :